Asal usul telaga warna dieng cerita rakyat

Asal Usul Telaga Warna Dieng ( Cerita Rakyat)

Pada zaman dahulu , dikisahkanlah ada seorang Ratu yang menguasai samudera luas. Sang Ratu mempunyai seorang putri yang berparas cantik dan lebih cantik dari ibu ibu yang ada di grup ini.

Sang Putri yang berparas cantik ini kedatangan Dua kesatria yang akan melamarnya. Yang pasti bukan Mukimin dan kang suud.

Sang Ratu kemudian memutuskan untuk melakukan sayembara, sayembara tersebut adalah dengan masing masing sang Kesatria untuk membuat telaga. Siapa paling cepat dialah pemenangnya.

Satria yang pertama berhasil membuat telaga terlebih dahulu dengan nama telaga menjer, dan kesatria kedua kalah cepat dengan membuat telaga bernama telaga pengilon.

Kemudian sang sang Ratu memutuskan kesatria pertamalah yang menjadi pemenangnya.

Pernikahan sang Putri dengan kesatria pertama baru berjalan sehari, kemudian sang putri dan Ratu berencana jalan jalan ke Dieng untuk berwisata. Nampak dimana sebuah telaga yang jernih airnya lebih jerinih daripada telaga menjer buatan menantunya. Kemudian Ratu bertanya siapakah yang membuat telaga ini.

" Telaga siapa ini"?? tanya Ratu 
"Telaga kesatria kedua yang kalah dalam sayembara " !! jawab salah satu prajuritnya.

Kemudian Ratu menyuruh memanggil menantunya datang menghadap, ketika menantunya sudah datang maka sang ratu berkata. ....

" Kamu ku kutuk menjadi naga di telaga ini dan pernikahan ku batalkan"!! ujar sang Ratu

Seketika menantunya menjadi naga dan menghilang di telaga Menjer. Dan kemudian Putrinya akan di nikahkan dengan satria kedua, Dengan alasan meskipun dia kalah cepat dalam sayembara tetapi telaga buatanya lebih jernih dan bening, lain halnya dengan buatan kesatria pertama yang beriak dan kotor. Kalimat itu menandakan kalau telaga yang jernih menggambarkan orangnya yang baik dan tidak jahat.

Karena terpesona dengan telaga pengilon maka Ratu dan putrinya berniat mandi. Saat sang Putri dan Ratu mandi pakaian yang disangkutkan di bebatuan di terjang angin dan terbang, pakaian tersebut jatuh di telaga lainya sehingga air menjadi berwarna warni karena terkena lunturan pakian tersebut.

Maka tempat tersebut dinamai Telaga Warna
Menjer dab Pengilon

Cerita Rakyat Telaga warna Dieng .Wonosobo

Comments

Popular posts from this blog

Menambang mining BTCs terbaru

Bendungan wonorejo kabupaten Tulungagung

CARA MENGATASI HALAMAN FB KENA DISMON ORIGINALITAS KONTEN TERBATAS